MEMBUAT KONTEN ONLINE SHOP

 

Membuat Konten Online Shop


 

* Jenis-jenis konten yang tepat untuk online shop

1.       Update status

Update status artinya membuka toko dan menutup toko setiap hari.

2.       Product shot

a.       Single product

b.      Group of produsct

3.       Model shot

Misalnya jika jual pakaian. Kalau Cuma digantung aja atau taruh dipatung saja jadi nya kurang menarik. Jadi harus ada orangnya untuk menjadi modelnya. Tujuannya adalah ketika orang lain melihat dan melihat yang memakai cantik-cantik dan ganteng-ganteng, maka dy sendiri yang melihat merasa dirinya sendiri yang memakainya yang terlihat cantik. Sesuaikan juga model yang dipakia sesuai dengan karakter brand kita.

4.       Endorsement

Kita bisa menggunakan jasa makro atau mikro influencer. Tujuannya apabila produk ini dipakai para endorse ini maka akan meningkatkan kepercayaan customer. Salah satu keuntungannya juga bisa mendapatkan followers dari endorse tadi.

5.       Graphic designer

6.       Kupon

7.       Kupon digunakan untuk memancing engagement dari customer. Misalnya seperti promo code.

8.       Behind the scene

Berikan mereka gambaran visual mengenai kejadian di balik kegiatan produksi.

9.       Testimonial

Testimoni positif meningkatkan kepercayaan pelanggan.

10.   Giveaway

Rencanakan giveaway dengan baik.

 

*      Cara membuat konten yang baik di instagram

Panduan membuat konten yang baik di instagram

1.       Konten harus In sync dengan branding

Branding biasanya bisa terlihat dari logo. Misalnya dari warnanya kah atau berdasarkan usianya dari anak-atau dewasa. Branding harus dicerminkan dalam gaya foto atau video.

2.       Caption dan bahasa yang digunakan harus disesuaikan dengan branding

3.       Rancang palet warna yang sesuai

4.       Pastikan font style cocok dengan branding

5.       Pilih influencer yang sesuai

6.       Partener campaign

Rekan promosi sama yang memiliki target customer sama dengan kita.

7.       Content calender

Content calender adalah pastikan content yang akan diposting selama 1 bulan kedepan. Yang paling sederhana bisa kita lihat dikalender dengan hari-hari besar yang ada. Yang bisa kita lakukan adalah membuat promo pada hari-hari besar tersebut. Gunakan hari-hari besar tersebut sebagi konten. Agar online shop kita terlihat eksis dengan hal-hal baru.

 

*      Waktu yang tepat untuk memposting produk konten di instagram

 

POSTING = AKTIF = EKSIS

 

Posting dan konten adalah cara untuk eksis.

Kapan harus memposting konten

1.       Pelajari waktu posting kompetitor anda. Untuk mengetahui kapan kompetitor memposting di instagram

2.       Cari juga kompetitor yang cukup aktif

3.       Hindari waktu yang bersamaan

Jika kita memposting diwaktu yang bersamaan dan juga konten yang sama. Aundiens kita akan lari ke kompetitor kita terlebih dahulu.

4.       Pastikan waktu posting anda lebih dulu dibandingkan kompetitor

5.       Sesuaikan waktu posting dengan waktu online customer atau waktu habit customer

Misalnya jam 6 pagi. Ada online shop yang memposting jualannya jam 6 pagi dan habis terjual dalam waktu 2 jam sebanyak 2000pcs. Kenapa jam 6 pagi ? bukan kebetulan saja. karena saat dia survey customer nya rata-rata pada bangun jam 6 pagi dan bangun tidur langsung cek handphone. Ini inside yang menarik. Tapi inside menarik ini jika kita sudah melakukan survey kepada customer.

6.       Frekuensi mengunggah content

Normalnya sebenarnya 3 kali sekali. Yang diposting biaanya 1-3. Atau bahkan 6 atau 9. Agar tidak merubah tatanan feed instagram. Karena timeline instagram online shop merupakan katalog produk bagi customer.

 

*      Membuat profile online shop yang baik

1.       Buat username yang baik dengan ketentuan :

a.       Pilih nama yang mudah diingat

b.      Username sebaiknya satu atau dua suku kata saja

c.       Hindari penggunaan garis bawah

d.      Username dapat menggunakan titik atau emoji

2.       Buat keyword yang mudah

3.       Jangan lupa masukan kontak anda

4.       Gunakan website (linktree) untuk menautkan multi-links

 

*      Konten foto dan video menarik untuk online shop

Pengambilan foto & video dapat menggunakan kamera HP, DSLR, maupun menggunakan jasa professional (Photoshoot Agency).

 

*      Jenis-jenis video di Instagram

1.       Video feed, durasi maksimal 1 menit

2.       Video stories, durasi maksimal 15 detik

3.       Video IG TV, durasi maksimal 30 menit

4.       Instagram Live

 

*      Caption menarik untuk konten di Instagram

 

Caption adalah deskripsi yang muncul di bawah unggahan konten di Instagram.

Cara membuat caption yang menarik

1.       Buat caption seakan-akan menceritakan produk anda

2.       Berikan kesan sentuhan pribadi (personal touch) pada caption

3.       Berikan alasan untuk customer membeli produk pada caption

4.       Berikan ekspektasi kepada costumer jika membeli produk tersebut

5.       Tuliskan fitur-fitur produk yang anda jual pada caption

6.       Tuliskan prosedur pembelian produk pada caption

7.       Berikan info jika produk terbatas

 

*      Promoting Online shop

 

1.       Tips mempromosikan Online shop

a.       Sebelumnya lakukan riset competitor

b.      Pelajari cara kompetitor melakukan promosi

c.       Promosi dapat dilakukan melalui konten, iklan, dan endorsement

d.      Buat Influencers dan followers menggunakan hashtag yang sama agar konten menjadi trending topic.

e.      Gunakan content calendar untuk menjadwalkan konten promosi

f.        Promo diumumkan sebaiknya 1-2 minggu sebelum hari puncaknya.

 

2.       Iklan Murni vs Berbayar

a.       Organic murupakan promosi dengan berbasis konten yang bagus tanpa Ads (Berbayar)

b.      Paid ads merupakan iklan berbayar untuk membantu promosi online shop

c.       Dalam melakukan promosi sebaiknya gunakan organic dan paid ads secara bersamaan

 

3.       Endorse

Endorse adalah membayar influencer untuk mempromosikan produk atau jasa brand anda.

a.       Jenis-jenis Instagram Influencer

·         Mega influencer, memiliki jutaan pengikut di Instagram

·         Macro influencer, memiliki lebih dari 500 ribu pengikut di Instagram

·         Micro influencer, memiliki 100 – 500 ribu pengikut di Instagram

·         Nano influencer memiliki kurang dari 50 ribu pengikut di Instagram

b.      Cara memilih Influencer yang tepat untuk endorse

·         Cek kecocokan komunitas penggemar influencer dengan produk Anda

·         Pilih influencer dengan engagement rate yang cukup tinggi

·          

4.       Automation

Automation adalahsebuah aktivitas harian untuk mendukung memaksimalkan penggunaan Instagram bisnis dan dijalankan oleh Bot secara otomatis.

a.       Tips Menggunakan Automation

·         Memasukkan #hashtag pada konten yang ingin Anda otomatisasi di Instagram

·         Gunakan otomatisasi untuk follow, like, dan unfollow pengguna lainnya

·         Gunakan otomatisasi juga untuk Auto reply Direct Message (DM) yang masuk

·         Otomatisasi juga dapat dilakukan untuk mengunggah konten secara otomatis

·         Jangan otomatisasi untuk komentar online shop Anda

 

*      Manage Customer orders

 

1.       Menyiapkan Customer Service

Menyiapkan customer service bertujuan untuk membantu pelayanan pada pelanggan. Diharapkan customer service dapat merespons pesanan (Take order) serta meyakinkan calon customer untuk membeli (Closing).

a.       Cara Merespons Pesanan

·         Gunakan sapaan yang sewajarnya ketika menerima pemesanan

·         Siapkan template pesan yang mudah disalin untuk beragam chat pelanggan

·         Berikan pilihan produk di akhir percakapan kepada pelanggan

·         Jika ada pelanggan complain, pikirkan cara menanggapi komplain pelanggan dengan bijak

 

b.      Template chat untuk Customer Service

·         Sapaan netral untuk semua customer

·         Akhiri percakapan dengan pertanyaan tertutup

·         Berikan penawaran promosi pada pesan penutup

·         Pastikan gaya pesan dan sapaan sesuai dengan produk Anda

·         Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk memberi kesan professional

·         Hindari penggunaan singkatan yang membingungkan customer

·         Hindari penggunakan emoji berlebihan

 

c.       Platform Chat untuk Customer Service di Online shop

·         Line@

ü  Memiliki halaman khusus untuk diikuti orang lain

ü  Memiliki timeline yang dapat diisi beragam konten produk

ü  Praktis untuk menyebarluaskan promo produk dan online shop

ü  Gunakan Line@ jika target audiens Anda remaja dan dewasa muda

·         WhatsApp

Gunakan WhatsApp jika target audiens Anda berusia lebih tua dan dari kalangan profesional

·         Website chat

 

*      Cara alternatif mengembangkan Online shop Instagram

1.       Jalin kerja sama dengan brand online shop Instagram sejenis lainnya

2.       Membangun pop-up store dan flag store

·         Keuntungan Pop-up dan Flag Store

ü  Memudahkan brand Anda lebih dikenal banyak orang

ü  Meningkatkan kepercayaan para pelanggan

 

*      Tips mempertahankan bisnis Online shop

1.       Fokus dalam menjalankan bisnis!

2.       Fokus pada 1 kategori minimal 1 tahun!

3.       Face the problem, face the challenge!

4.       Lakukan investasi

5.       Gigih menjalankan bisnis online shop Anda

6.       Kreatif dan inovatif meski tidak orisinal

7.       Konsisten membangun konten

 

Komentar